skripsi pendidikan matematika pendekatan induktif | Pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk
menguasai konsep matematika. Dengan peserta didik dapat menguasai materi
maka peserta didik diharapakan dapat menggunakan daya nalarnya umtuk
memecahkan suatu masalah yang ada. skripsi pendidikan matematika pendekatan induktif
.Model pemebeljaran CTL merupakan konsep belajar yang membantu
guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan
dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membuat hubungan
antara pengetahuan atau konsep yang telah dimiliki oleh siswa serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka siswa akan mudah
memahami konsep. Dengan model pembelajaran CTL maka siswa akan
bekerja dan mengalami, bukan transferpengetahuan dari guru ke siswa
semata. Strtegi lebih dipentingkan daripada hasilnya. Sehingga pengetahuan
dan ketrampilan yang diperloh datang dari proses penemuan sendiri dan bukan
dari “apa kata guru”. Pendekatan kontekstual merupakan strategi yang dikembangkan
dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna, tanpa
harus mengubah kurikulum dan tatanan yang ada. Dengan siswa diajak
bekerja dan mengalami, siswa akan mudah memahami konsep suatu materi
dan nantinya diharapkan siswa dapat menggunakan daya nalarnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
Peneliti melihat bahwa peserta didik mengalami banyak kesulitan pada
materi pokok komposisi fungsi dan invers fungsi. Kenyataan ini dapat dilihat
dari hasil belajar pada pokok bahasan ini pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu
masih banyak peserta didik yang belum mencapai batas tuntas yang telah
ditentukan. Kesulitan yang dialami dikarenakan kurangnya pemahaman dan
kekurangtertarikan peserta didik pada pelajaran matematika. Salah satu faktor
kekurangtertarikan peserta didik adalah suasana kelas yang pasif serta
sebagian peserta didik terlanjur menganggap bahwa matematika adalah
pelajaran yang sulit sehingga kecenderungan kelas menjadi tegang, karena
itulah diperlukan guru yang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran
sehingga peserta didik dapat menguasai materi dan mencapai tujuan
pembelajaran yang ditetapkan. skripsi pendidikan matematika pendekatan induktif
menguasai konsep matematika. Dengan peserta didik dapat menguasai materi
maka peserta didik diharapakan dapat menggunakan daya nalarnya umtuk
memecahkan suatu masalah yang ada. skripsi pendidikan matematika pendekatan induktif
.Model pemebeljaran CTL merupakan konsep belajar yang membantu
guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan
dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membuat hubungan
antara pengetahuan atau konsep yang telah dimiliki oleh siswa serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka siswa akan mudah
memahami konsep. Dengan model pembelajaran CTL maka siswa akan
bekerja dan mengalami, bukan transferpengetahuan dari guru ke siswa
semata. Strtegi lebih dipentingkan daripada hasilnya. Sehingga pengetahuan
dan ketrampilan yang diperloh datang dari proses penemuan sendiri dan bukan
dari “apa kata guru”. Pendekatan kontekstual merupakan strategi yang dikembangkan
dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan bermakna, tanpa
harus mengubah kurikulum dan tatanan yang ada. Dengan siswa diajak
bekerja dan mengalami, siswa akan mudah memahami konsep suatu materi
dan nantinya diharapkan siswa dapat menggunakan daya nalarnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang ada.
Peneliti melihat bahwa peserta didik mengalami banyak kesulitan pada
materi pokok komposisi fungsi dan invers fungsi. Kenyataan ini dapat dilihat
dari hasil belajar pada pokok bahasan ini pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu
masih banyak peserta didik yang belum mencapai batas tuntas yang telah
ditentukan. Kesulitan yang dialami dikarenakan kurangnya pemahaman dan
kekurangtertarikan peserta didik pada pelajaran matematika. Salah satu faktor
kekurangtertarikan peserta didik adalah suasana kelas yang pasif serta
sebagian peserta didik terlanjur menganggap bahwa matematika adalah
pelajaran yang sulit sehingga kecenderungan kelas menjadi tegang, karena
itulah diperlukan guru yang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran
sehingga peserta didik dapat menguasai materi dan mencapai tujuan
pembelajaran yang ditetapkan. skripsi pendidikan matematika pendekatan induktif







