BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
contoh landasan teori skripsi jurusan pendidikan matematika | A. Landasan Teori
a. Pengertian Belajar
“Belajar” pernah dipandang sebagai proses penambahan
pengetahuan. Bahkan pandangan ini mungkin hingga sekarang masih
berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Akibatnya, “mengajar” pun
dipandang sebagai proses penyampaian pengetahuan atau keterampilan
dari seorang guru kepada para siswanya.
Pandangan semacam itu tidak terlalu salah, akan tetapi masih
sangat parsial, terlalu sempit, dan menjadikan siswa sebagai individuindividu yang pasif, reseptif. Olehsebab itu, pandangan tersebut perlu contoh landasan teori skripsi jurusan pendidikan matematika diletakkan pada perspektif yang lebih wajar sehingga ruang lingkup
substansi belajar tidak hanya mencakup pengetahuan, tetapi juga
keterampilan (dalam pengertian luas, yakni keterampilan untuk
hidup/life skills), nilai, dan sikap. Berkaitan dengan ini, Gagne (1977)
mendefinisikan belajar sebagai suatu proses perubahan tingkah laku
yang meliputi perubahan kecenderunganmanusia seperti sikap, minat,
atau nilai dan perubahan kemampuannya yakni peningkatan
kemampuan untuk melakukan berbagai jenis performance (kinerja).
Perubahan tingkah laku tersebut harus dapat bertahan selama jangka
waktu tertentu. contoh landasan teori skripsi jurusan pendidikan matematika







