skripsi pendidikan matematika pdf | Menurut tujuan pendidikan nasional, sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan skripsi pendidikan matematika pdf
kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Cakap dan berilmu
merupakan aspek kognitif, berakhlak mulia, sehat, beriman dan bertakwa
merupakan aspek afektif, sementara itu kreatif dan mandiri merupakan aspek
psikomotorik. Berdasar tujuan pendidikan nasional diatas kurikulum baru,
sistem pembelajaran dan penilaian (assessment) pada semua jenjang
pendidikan harus mencerminkan ketiga aspek ranah perkembangan anak
tersebut. Kemudian pada tahun 2006 Pemerintah menyempurnakan kurikulum
2004 yang dirasa masih banyak kekurangannya dengan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan kurikulum operasional yang
dikembangkan berdasarkan standar isi dan standar kompetensi. Salah satu
tujuan pembelajaran matematika adalah menggunakan penalaran pada pola
dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,
menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Implikasi penerapan KTSP pada peserta didik yang paling nampak
adalah pada sistem pembelajaran dan penilaiannya. KTSP sebagai kurikulum berbasis kompetensi tidak semata-mata meningkatkan pengetahuan peserta
didik, tetapi kompetensi secara utuh yang merefleksikan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran
(Permendiknas No. 22/2006). Oleh karena itu, pembelajaran dan penilaiannya
harus mengedepankan ketiga ranah aspek perkembangan anak tersebut. Model
pembelajaran dan penilaian yang cocok dan pas adalah model pembelajaran
CTL (Contextual Teaching and Learning). skripsi pendidikan matematika pdf
kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Cakap dan berilmu
merupakan aspek kognitif, berakhlak mulia, sehat, beriman dan bertakwa
merupakan aspek afektif, sementara itu kreatif dan mandiri merupakan aspek
psikomotorik. Berdasar tujuan pendidikan nasional diatas kurikulum baru,
sistem pembelajaran dan penilaian (assessment) pada semua jenjang
pendidikan harus mencerminkan ketiga aspek ranah perkembangan anak
tersebut. Kemudian pada tahun 2006 Pemerintah menyempurnakan kurikulum
2004 yang dirasa masih banyak kekurangannya dengan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP merupakan kurikulum operasional yang
dikembangkan berdasarkan standar isi dan standar kompetensi. Salah satu
tujuan pembelajaran matematika adalah menggunakan penalaran pada pola
dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,
menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Implikasi penerapan KTSP pada peserta didik yang paling nampak
adalah pada sistem pembelajaran dan penilaiannya. KTSP sebagai kurikulum berbasis kompetensi tidak semata-mata meningkatkan pengetahuan peserta
didik, tetapi kompetensi secara utuh yang merefleksikan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran
(Permendiknas No. 22/2006). Oleh karena itu, pembelajaran dan penilaiannya
harus mengedepankan ketiga ranah aspek perkembangan anak tersebut. Model
pembelajaran dan penilaian yang cocok dan pas adalah model pembelajaran
CTL (Contextual Teaching and Learning). skripsi pendidikan matematika pdf







