KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual
Teaching and Learning) TERHADAP PENALARAN
MATEMATIKA PADA MATERIKOMPOSISI FUNGSI DAN
INVERS FUNGSI PADA SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 1
SEMARANG
Teaching and Learning) TERHADAP PENALARAN
MATEMATIKA PADA MATERIKOMPOSISI FUNGSI DAN
INVERS FUNGSI PADA SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 1
SEMARANG
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.
skripsi pendidikan matematika 2013 | Pendidikan adalah proses pengembangan daya nalar, keterampilan, dan moralitas kehidupan pada potensi yang dimiliki oleh setiap manusia. Suatu
pendidikan dikatakan bermutu apabila proses pendidikan berlangsung secara
efektif, manusia memperoleh pengalaman yang bermakna bagi dirinya dan
produk pendidikan merupakan individu-individu yang bermanfaat bagi
masyarakat dan pembangunan bangsa.
Dunia pendidikan saat ini memusatkan mutu pendidikan pada
peningkatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang didalamnya terdapat
guru dan peserta didik yang memiliki perbedaan kemampuan, keterampilan,
filsafat hidup, dan lain sebagainya. Adanya perbedaan tersebut menjadikan
pembelajaran sebagai proses pendidikan memerlukan siasat, pendekatan,
metode, dan teknik yang bermacam-macam sehingga peserta didik dapat
menguasai materi dengan baik dan mendalam. Penguasaan peserta didik
terhadap suatu materi dapat dilihat dari kecakapan yang dimiliki peserta didik
yang salah satunya adalah peserta didik menggunakan daya nalarnya untuk
memecahkan suatu masalah yang ada.
Mengingat objek matematika abstrak, maka dalam pembelajaran
matematika dimulai dari objek yang konkret sehingga konsep matematika
dapat dipahami betul oleh peserta didik, apalagi jikadikaitkan dengan
skripsi pendidikan matematika 2013
kemampuan peserta didik untuk menggunakan daya nalarnya dalam
memecahkan masalah yang ada. Untuk itulah, Depdiknas (2002:6)
menyatakan bahawa ”Materi matematika dan penalaran matematika
merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika
dipahamai melalui penalaran dan penalaran dilatih melalui belajar materi
matematika.” skripsi pendidikan matematika 2013
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.
skripsi pendidikan matematika 2013 | Pendidikan adalah proses pengembangan daya nalar, keterampilan, dan moralitas kehidupan pada potensi yang dimiliki oleh setiap manusia. Suatu
pendidikan dikatakan bermutu apabila proses pendidikan berlangsung secara
efektif, manusia memperoleh pengalaman yang bermakna bagi dirinya dan
produk pendidikan merupakan individu-individu yang bermanfaat bagi
masyarakat dan pembangunan bangsa.
Dunia pendidikan saat ini memusatkan mutu pendidikan pada
peningkatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang didalamnya terdapat
guru dan peserta didik yang memiliki perbedaan kemampuan, keterampilan,
filsafat hidup, dan lain sebagainya. Adanya perbedaan tersebut menjadikan
pembelajaran sebagai proses pendidikan memerlukan siasat, pendekatan,
metode, dan teknik yang bermacam-macam sehingga peserta didik dapat
menguasai materi dengan baik dan mendalam. Penguasaan peserta didik
terhadap suatu materi dapat dilihat dari kecakapan yang dimiliki peserta didik
yang salah satunya adalah peserta didik menggunakan daya nalarnya untuk
memecahkan suatu masalah yang ada.
Mengingat objek matematika abstrak, maka dalam pembelajaran
matematika dimulai dari objek yang konkret sehingga konsep matematika
dapat dipahami betul oleh peserta didik, apalagi jikadikaitkan dengan
skripsi pendidikan matematika 2013
kemampuan peserta didik untuk menggunakan daya nalarnya dalam
memecahkan masalah yang ada. Untuk itulah, Depdiknas (2002:6)
menyatakan bahawa ”Materi matematika dan penalaran matematika
merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, yaitu materi matematika
dipahamai melalui penalaran dan penalaran dilatih melalui belajar materi
matematika.” skripsi pendidikan matematika 2013







